Tips Menawarkan Rumah Dijual Agar Cepat Laku dan Untung Besar

20 Juni 2019

Perkembangan teknologi mempermudah Anda dalam melakukan berbagai aktivitas, contohnya promosi produk, jual atau sewa rumah, dan lain-lain. Banyak strategi yang dapat anda terapkan untuk memberikan info rumah disewakan. Salah satunya adalah memberi penawaran fasilitas menarik.

Cara Promosi Rumah Sewa

Tips Menawarkan Rumah Dijual Agar Cepat Laku dan Untung Besar

Tips Menawarkan Rumah Dijual Agar Cepat Laku dan Untung Besar

1. Mencari calon penyewa rumah

Anda dapat mencari calon penyewa rumah dengan melakukan promosi secara online maupun offline. Secara online Anda bisa memasang iklan melalui sosial media seperti whatsapp, line, instagram, facebook dan lain-lain. Promosi secara offline dapat dilakukan dengan menyebarkan brosur. Selain itu, Anda dapat memasang papan bertuliskan “rumah disewakan”.

2. Promosi lewat website atau blog

Seiring berkembangnya teknologi menjadikan promosi secara online dapat tersebar dengan cepat. Banyak orang yang mencari informasi lewat google. Oleh karena itu, Anda dianjurkan membuat blog atau website. Anda upload gambar rumah secara detail agar menarik orang lain untuk menyewa.

3. Membuat banner

Anda dapat memanfaatkan jasa desain banner yang berisi detail rumah. Anda masukkan informasi yang mendukung seperti headline iklan harus menarik, gambar, benefit dan kontak yang dapat dihubungi. Lalu, Anda pasang banner di berbagai tempat strategis yang ramai dilewati orang.

4. Mendesain rumah semenarik mungkin

Rumah yang akan disewakan harus menarik, desainnya bagus dan unik. Contohnya Anda cat rumah dengan warna yang segar agar nyaman dan tampak baru. Selain itu, Anda dapat menata dan membersihkan rumah agar tampak menarik untuk difoto saat akan dipromosikan.

Anda juga dapat merenovasi rumah sebelum diiklankan untuk disewakan. Selain itu, Anda juga harus memastikan kondisi rumah dalam keadaan rapi, tersedia air bersih, listrik dan lain-lain.

5. Menentukan harga sewa

Anda harus menentukan harga sewa berdasarkan lokasi rumah Anda, fasilitas dan kisaran harga standar di daerah rumah Anda. Anda dapat meminta bantuan agen properti dalam menentukan harga sewa.

6. Memberikan komisi kepada orang yang membantu mempromosikan

Anda dapat meminta tolong teman atau saudara untuk membantu mempromosikan rumah sewa Anda. Sebagai imbalannya, Anda dapat memberi komisi beberapa persen dari harga sewa rumah.

7. Menyiapkan surat perjanjian

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan penyalahgunaan ruma sewa. Anda juga dapat berkonsultasi dengan konsultan hukum. Di dalam surat perjanjian berisi aturan-aturan yang harus dipatuhi pihak penyewa dan di dalamnya dibubuhkan tanda tangan kedua belah pihak.

Anda tuliskan exit plan, yaitu detail rencana ketika sewa menyewa berakhir. Selain itu, dicantumkan juga konsekuensi saat penyewa membayar uang sewa terlambat dalam jangka waktu lama. Dalam kondisi tersebut, pemilik rumah berhak memberikan keputusan apakah sewa rumah bisa diperpanjang atau tidak.

8. Perabot rumah

Anda dianjurkan untuk tidak melengkapi rumah sewa dengan perabot rumah tangga. Hal ini dikarenakan Anda akan kerepotan untuk mengurusnya. Pihak penyewa belum tentu dapat merawat dengan baik. Namun, jika penyewa menghendaki adanya fasilitas perabotan maka Anda dapat membuat surat perjanjian yang disepakati bersama.

9. Memprioritaskan penyewa adalah keluarga

Anda harus mempertimbangkan orang yang akan menyewa rumah Anda. Hal ini dikarenakan jika keluarga maka akan berpeluang rumah Anda akan disewa dalam jangka waktu lama. Lain halnya jika mahasiswa, maka saat lulus tentu akan berheti menyewa rumah Anda.

10. Membuat peraturan

Salah satu contohnya adalah peraturan merawat dan membersihkan rumah menjadi tanggung jawab bersama antara pemilik dan penyewa rumah. Oleh karena itu, hal ini harus dibicarakan sejak awal agar tidak terjadi kesalahpahaman.

11. Rajin mengganti kunci rumah

Saat penyewa tidak memperpanjang sewa rumah, sebaiknya Anda segera mengganti kunci pintu demi keamanan penghuni baru. Selain itu, untuk menjaga privasi penghuni baru.

12. Mengenalkan penyewa ke lingkungan sekitar

Membantu mengenalkan penyewa baru dengan lingkungan di sekitar. Contohnya adalah mengenalkan RT dan tetangga agar penyewa baru dapat bersosialisasi dengan masyarakat setempat.

Keuntungan Menyewakan Rumah

  1. Banyak orang yang berminat menyewa rumah yang letaknya strategis. Contohnya adalah di daerah yang dekat dengan fasilitas umum seperti dekat jalan raya atau tol, mall, pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah, rumah sakit dan lain-lain.
  2. Harga sewa rumah lumayan tinggi, yaitu 5% dari harga rumah sewa per tahun.
  3. Saat perekonomian stabil, harga sewa rumah meningkat 10% sampai 15% setelah 1 tahun menyewa rumah. Kenaikan harga sewa ditentukan berdasarkan keadaan lingkungan di sekitarnya.

Kekurangan Menyewakan Rumah

  1. Lama waktu sewa rumah singkat, yaitu antara 1 hingga 2 tahun
  2. Capitalization rate investasi rumah sewa lebih rendah dibandingkan investasi kios, yaitu 3% sampai 5%. Hal ini dikarenakan luas tanah rumah lebih besar dibandingkan bangunan.
  3. Anda harus mencari penyewa yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab agar rumah yang Anda sewakan tidak mudah rusak dan kualitasnya terjaga.
Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+