Tips Memotret Ala Bookstagram dengan Background Putih

26 Januari 2019

Review buku di instagram atau lebih sering disebut dengan bookstagram semakin diminati di kalangan pecinta literasi. Berbeda dengan review di platform lainnya, para bookstargamer biasanya memotret buku yang direview dengan sangat artistik. Anda tertarik memotret ala bookstagram? Berikut ini beberapa tips memotret buku dengan background putih.

Tips Memotret Ala Bookstagram dengan Background Putih

Tips Memotret Ala Bookstagram dengan Background Putih 1

Tips Memotret Ala Bookstagram dengan Background Putih 1

Siapkan Perlengkapan Memotret

Ada dua pilihan yang bisa Anda pertimbangkan saat ingin memotret buku. Bisa menggunakan kamera handphone saja, atau menggunakan kamera profesional. Umumnya, para bookstagram lebih memilih menggunakan kamera profesional untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih bagus.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Bagi Anda para pemula, meenggunakan kamera handphone mungkin bisa menjadi solusi apalagi jika Anda tidak memiliki skill fotografi sebelumnya. Selain itu, menggunakan kamera handphone juga lebih efisien karena Anda bisa langsung menggunggahnya di instagram.

Tentukan Konsep Sesuai Isi Buku

Selanjutnya, Anda dapat mempersiapkan konsep dari pemotretan yang akan dilakukan. Setidaknya Anda harus mengetahui garis besar dari buku yang akan dipotret agar dapat menentukan konsep foto yang tepat. Misalnya saja Anda sedang memfoto buku Harry Potter, Anda bisa melengkapi set fotonya dengan scarf Gryffindor atau kacamata bulat.

Anda juga bisa menentukan konsep yang akan menandakan ciri khas dari akun instagram Anda. Misalnya saja menggunakan konsep rainbow bookshelf yang menyusun buku sesuai warnanya, atau menggunakan latar tempat tidur sehingga menghasilkan foto flatfay yang artistik.

Tentukan Lokasi Pemotretan

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah menentukan lokasi yang tepat untuk memotret buku. Anda bisa memilih taman atau pantai untuk mendapatkan latar belakang yang menarik. Pemilihan lokasi yang tepat akan sangat berpengaruh pada hasil foto Anda. Bagi Anda yang kesulitan mencari latar, penggunaan background putih atau hitam bisa menjadi pilihan.

Background berwarna monokrom ini lebih mudah dikombinasikan apalagi bagi pemula. Anda bisa menata buku dan beberapa properti tambahan dengan mudah jika menggunakan background ini. Penggunaan background berwarna cokelat kayu juga bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Sortir dan Edit Foto

Ada baiknya Anda memotret buku dengan berbagai angle dan tema. Jangan takut mencoba, Anda juga bisa mencari inspirasi dari bookstagrammer lain yang lebih berpengalaman. Komposisi warna dan tema pemotretan akan dapat Anda pelajari seiring waktu. Setelah sesi pemotretan selesai, Anda bisa memilih foto yang paling bagus.

Ada beberapa aplikasi pengeditan yang bisa Anda gunakan. Apalagi bagi yang memotret menggunakan handphone, Anda bisa menggunakan aplikasi vsco atau snapseed untuk mengedit foto. Kedua aplikasi ini terbilang mudah digunakan dan dapat membuat hasil foto Anda terlihat lebih menarik.

Publikasikan di Instagram

Setelah melalui berbagai tahap di atas, Anda bisa memosting hasil foto di instagram. Bisa berupa caption singkat tentang buku tersebut, atau memulai daily review tentang buku yang ada di foto. Review buku di instagram memang tidak sebebas blog karena terbatas jumlah kata, meski begitu tetap menyenangkan rasanya mengeluarkan komentar dari buku yang telah selesai dibaca.

Tidak harus baku dan kaku pula seperti resensi resmi di media massa, Anda bahkan bisa me-review buku sesuka hati di instagram. Jangan lupa sertakan hastag khas bookstagram dan seringlah berkunjung ke akun lain untuk mendapatkan tambahan inspirasi.

Itulah beberapa tips memotret buku ala bookstagram dengan background putih. Penentuan lokasi, konsep dan komposisi foto yang tepat akan membuat foto buku Anda terlihat lebih menarik dan artistik. Anda dapat membeli backgorund berwarna monokrom ini di jakmall.com dengan harga yang terjangkau.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+