Rasakan 5 Manfaat Hari Cuci Tangan Sedunia Bagi Kesehatan Anda

25 Mei 2019

Menjaga kebersihan haruslah dimulai dari diri sendiri, seperti membersihkan kamar secara rutin, membuang sampah pada tempatnya, mandi dua kali sehari, dan yang paling penting rutin mencuci tangan memakai sabun. Mencuci tangan memakai sabun tentu sangat penting dan wajib dilakukan oleh semua orang tak terkecuali anak kecil. Maka tak heran jika selalu diadakan hari cuci tangan sedunia setiap satu tahun sekali.

Mencuci tangan tentu bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Anda cukup pergi ke wastafel atau kamar mandi, dan cuci tangan Anda menggunakan sabun. Dengan mencuci tangan dengan baik, maka kuman-kuman dan kotoran yang menempel pun akan hilang, sehingga Anda akan terhindar dari berbagai penyakit.

Tangan merupakan salah satu tempat bersarangnya kuman dan kotoran. Setiap hari, Anda menyentuh barang-barang yang tidak bisa dipastikan kebersihannya, sehingga berbagai jenis kuman dan bakteri sangat mudah menempel di tangan Anda. Jika Anda malas mencuci tangan , maka Anda akan mudah terserang berbagai penyakit seperti mudah pilek, diare, bakteri E.colii, Hepatitis A, Impetigo, dan masih banyak lagi.

Karena masih banyak masyarakat yang menyepelekan hal ini, maka diadakanlah hari cuci tangan sedunia setiap tanggal 15 Oktober untuk menggalakan pentingnya mencuci tangan pakai sabun. Acara ini juga bertujuan sebagai tindak pencegahan terhadap penyakit tertentu yang bisa berdampak pada kesehatan anak-anak maupun orang dewasa. Acara ini tentu sangat mengedukasi masyarakat agar kualitas hidupnya menjadi lebih baik.

Manfaat Mencuci Tangan

Rasakan 5 Manfaat Hari Cuci Tangan Sedunia Bagi Kesehatan Anda

Rasakan 5 Manfaat Hari Cuci Tangan Sedunia Bagi Kesehatan Anda

Dengan mengikuti acara hari cuci tangan sedunia, maka hal tersebut bisa membuat Anda terbiasa mencuci tangan setelah melakukan aktifitas apapun. Lalu apa manfaatnya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Mencegah adanya penyakit menular

Manfaat pertama dari mencuci tangan menggunakan sabun yaitu mencegah adanya penyakit menular. Dengan melakukan kebiasaan ini, maka penularan penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri akan terhindarkan. Tangan memang digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas sehari-hari seperti membaca buku, memegang uang, bahkan untuk menutup mulut saat bersin.

Kuman-kuman yang menempel pada tangan sesaat setelah bersin bisa ditularkan ketika Anda berjabat tangan dengan orang lain. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan orang tersebut akan terserang penyakit jika tidak segera mencuci tangan dengan sabun.

2. Tangan menjadi lebih bersih

Manfaat yang kedua yaitu membuat tangan menjadi lebih bersih. Pada saat Anda berpergian, Anda biasanya membawa hand sanitizer atau tisu basah untuk mencuci tangan Anda. Secara kasat mata, memang tangan Anda akan lebih bersih saat menggunakan tisu basah atau hand sanitizer. Namun kedua pembersih tersebut tidak membersihkan kuman-kuman dan bakteri yang menempel pada tangan.

Dengan mencuci tangan menggunakan sabun, maka tangan akan lebih bersih sekaligus menghilangkan kuman-kuman dan bakterinya. Pastikan Anda mencuci tangan dengan air yang mengalir, bukan dari air yang ada di bak atau ember karena khawatir sudah terkontaminasi bakteri.

3. Lebih hemat

Dengan mencuci tangan menggunakan sabun, maka Anda bisa lebih menghemat uang. Anda cukup membeli sabun cair maupun batangan yang bisa dipakai sampai berbulan-bulan. Lain halnya dengan menggunakan tisu basah atau hand sanitizer yang pemakaiannya cenderung boros karena hanya sekali pakai, sehingga Anda harus membelinya berulang-ulang.

Demikianlah segudang manfaat hari cuci tangan sedunia bagi kesehatan Anda. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan pakai sabun dalam air yang mengalir. Dengan begitu, Anda pun akan terbebas dari berbagai penyakit.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+