Pentingnya Doa Menyembelih Hewan Qurban untuk Masyarakat

4 September 2019

Cara terbaik untuk memulai segalanya adalah dengan berdoa. Dalam agenda tahunan seperti pada peringatan Hari Raya Idul Adha, doa menyembelih hewan qurban punya kedudukan yang amat penting. Setara dengan posisi kita sebagai manusia. Derajat manusia di hadapan Allah SWT dinilai dari sebaik apa kita berdoa. Ketika doa tidak disertakan dalam kehidupan, sudah tentu kita akan kehilangan arah.

Pentingnya Doa Menyembelih Hewan Qurban untuk Masyarakat

Pentingnya Doa Menyembelih Hewan Qurban untuk Masyarakat

Inilah fungsi doa yang paling esensial. Dengan berdoa kepada Allah SWT, kita berarti sedang memohon pertolongan, memohon petunjuk, memohon agar segala perbuatan yang akan kita lakukan membawa keberkahan. Sebab, di dunia ini hanya Allah SWT yang sanggup menolong dan mengangkat derajat kita. Baik derajat di antara manusia, maupun di antara penghuni langit.

Maka dari itu, semua ibadah yang diajarkan Rasulullah SAW dalam Islam pasti menyertakan doa, tak terkecuali. Bahkan dalam tiap gerakan shalat, doa kepada Allah SWT selalu kita lantunkan. Tidak bisa dibayangkan apa yang terjadi ketika seseorang dalam hidupnya tidak pernah berdoa.

Dari sekian fungsi doa yang paling vital itu, apa pentingnya ketika diaplikasikan dalam proses penyembelihan hewan qurban? Amat penting. Hewan qurban yang disembelih tanpa berdoa kepada Allah SWT terlebih dahulu, akan menyebabkan seluruh bagian dari tubuhnya haram. Padahal, daging qurban akan dibagi-bagikan pada masyarakat tanpa terkecuali.

Apakah tega memberi makanan haram pada masyarakat? Sedangkan di antara mereka ada orang yang sudah lanjut usia, kaum jelata, anak kecil yang masih butuh pertumbuhan ilmu, dan lainnya. Inilah salah satu contoh bagaimana makanan halal bisa jadi haram gara-gara tidak berdoa. Makanan haram, bagaimanapun bentuknya, tidak akan bisa membawa berkah bagi siapa pun penikmatnya.

Untuk itu, berdoalah sebelum menyembelih hewan qurban. Doa yang paling mudah diaplikasikan oleh siapa pun adalah dengan mengucap basmalah: bissmillahirrohmanirrohiim. Cukup itu saja, daging qurban sudah sah dikonsumsi oleh siapa pun. Soalnya Allah SWT sudah ridho.

Apa dampaknya hewan qurban yang disertakan doa di dalamnya? Hewan yang telah diridhoi oleh Allah SWT Yang Maha Sempurna, maka seluruh bagiannya, mulai dari kulit, daging, hati, sampai ke tulang-tulangnya membawa keberkahan pada umat yang menggunakannya maupun mengonsumsinya. Bukankah ini yang dicari-cari dalam agama kita? Keberkahan akan membuat hidup jadi lebih baik.

Doa menyembelih hewan qurban bersifat sakral. Setiap waktu kita harus selalu menjaga koneksi dengan Allah SWT. Sebab sangat bahaya kalau koneksi kita dengan-Nya terputus. Bisa-bisa seluruh urusan kita diserahkan pada kita sendiri. Kalau sudah begitu, kepada siapa lagi kita memohon pertolongan? Mari kita lestarikan momen Hari Raya Idul Adha dengan cara sebaik-baiknya agar berkah dunia-akhirat.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+