5 Manfaat Menggendong Bayi yang Wajib Anda Ketahui

4 Maret 2022

Sebagian orang enggan menggendong bayi terlalu lama karena khawatir bayi akan tumbuh menjadi pribadi yang manja. Kelak ia menjadi anak yang bau tangan alias tidak mau ditinggal sang ibu ke mana-mana. Padahal, momen menggendong bayi bisa berpengaruh baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Manfaat menggendong bayi baik untuk meningkatkan waktu berkualitas antara anak dan orang tua. Harga gendongan bayi hipseat bisa Anda pertimbangkan untuk menciptakan bonding time dengan anak yang baik.

Manfaat Menggendong Bayi untuk Kesehatan

Manfaat Menggendong Bayi untuk Kesehatan

Ilustrasi gendongan bayi

Bila Anda memiliki bayi yang masih belum bisa berjalan, kegiatan menggendong anak sudah menjadi bagian dari rutinitas harian. Tidak hanya sekadar menenangkan anak yang rewel, ada banyak manfaat menggendong bayi untuk hubungan ibu dan anak lebih baik, lho! Berikut 5 manfaat menggendong bayi yang wajib Anda ketahui dilansir dari Popmama.com yaitu:

1. Meningkatkan keintiman ibu dan anak

Saat menggendong si kecil, Anda terbiasa memeluk, mencium, mengelus, atau memberikan sentuhan hangat yang bisa meningkatkan keintiman ibu dan anak. Si kecil akan memiliki perasaan lebih terikat pada sang ibu karena ia memang butuh dekapan dan pelukan hangat.

2. Bisa menenangkan si kecil

Saat anak rewel, Anda bisa menggendong bayi dan membawanya dalam pelukan agar ia bisa lebih tenang. Bayi akan merasakan ketenangan dan kehangatan sama seperti saat ia masih dalam perut Anda. Begitu mendengar suara Anda, anak akan merasa lebih tenang dan tidak menangis lagi.

3. Bisa meningkatkan stimulasi perkembangan anak

Harga gendongan bayi hipseat bisa menjadi referensi Anda memilih model gendongan yang tepat. Anda mau mencari jenis gendongan yang cocok dibawa traveling bersama si kecil, kenapa tidak? Menggendong anak saat ia rewel atau mengajak bepergian bisa membantu meningkatkan stimulasi perkembangan anak lebih baik. Anak akan memperhatikan gerakan Anda saat berbicara atau bersosialisasi, kemudian bisa membantunya menjadi anak yang lebih cepat berkembang dari banyak hal.

4. Bisa membantu meningkatkan kecerdasan anak

Dengan rajin menggendong anak, Anda bisa membantu meningkatkan kecerdasan si kecil lebih optimal. Hal ini dikarenakan anak akan merasakan perasaan bahagia, tenang dan merasa aman saat berada dalam gendongan ibu. Perasaan-perasaan positif akan mendukung perkembangan saraf-saraf yang saling terkoneksi di otak si kecil.

5. Manfaat untuk kesehatan ibu dan bayi

Kulit dengan kulit yang bersentuhan saat menggendong bayi bisa memberikan manfaat bagi kesehatan ibu dan bayi. Untuk ibu yang baru melahirkan, kegiatan menggendong anak bisa membantu memulihkan tenaga setelah melahirkan, meredakan pendarahan dan bisa membantu meningkatkan suhu ibu yang baru saja melahirkan. Hal ini dikarenakan hormon oksitosin yang dikeluarkan oleh ibu saat bersentuhan dengan kulit si kecil.

Sedangkan manfaat menggendong bagi bayi bisa membuat bayi tumbuh lebih sehat, cepat pulih dari demam atau penyakit lain yang acap menyerang bayi dengan imun yang rendah. Tidak hanya bermanfaat untuk ibu saja, ayah juga bisa melakukan bonding time dengan menggendong bayi kapan saja, lho!

Dengan mengetahui manfaat menggendong bayi, Anda wajib meluangkan waktu untuk selalu menggendong si kecil kapan saja. Setiap pelukan dan sentuhan hangat Anda ikut berkontribusi meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak lebih maksimal. Jangan lupa untuk membeli model gendongan bayi yang berkualitas dari material terbaik dan aman dipakai siapa saja. Harga gendongan bayi hipseat lebih kompetitif tapi sebanding dengan kualitas gendongan yang kuat, jahitan rapi, aman, dan terbuat dari material yang bebas alergi.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+