Cermat Mengenali Mobil yang Pernah Terendam Banjir

20 November 2019

Jika berencana membeli mobil bekas dalam waktu dekat, tentu saja kita mesti mempelajari ciri-ciri mobil dengan teliti. Agar kita terhindar dari mobil yang kualitasnya kurang baik. Salah satu hal yang mesti kita hindari adalah mobil bekas yang pernah terendam banjir.

Cermat Mengenali Mobil yang Pernah Terendam Banjir

Cermat Mengenali Mobil yang Pernah Terendam Banjir

Sebenarnya cara mengenali mobil yang pernah terendam banjir itu tidak sulit lo. Jika kita cermat mengamati hal-hal ini, kita pun akan terhindari dari mobil bekas yang pernah terendam banjir:

Ada Karat pada Bagian-Bagian Tertentu

Bagian mobil yang berkarat karena terendam banjir bukan hanya kolong dan mesin saja. jika mobil terendam banjir yang cukup tinggi, interior mobil pun berisiko mengalami karat. Coba amati bagian besi jok mobil. Besi jok yang berkarat menjadi salah satu tanda bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir.

Endapan Lumpur yang Masih Tertinggal

Walaupun kejadian banjirnya sudah lama, para penjual mobil kerap kali agak lalai untuk urusan membersihkan mobil. Hal ini membuat endapan lumpur masih tertinggal di bagian-bagian tertentu. Sudut-sudut dashboard, rel jok mobil, dan sela-sela kabin adalah bagian yang rentan menjadi tempat endapan lumpur.

Sistem Elektronik yang Rusak

Jangan menganggap remeh sistem elektronik mobil yang rusak. Karena bisa jadi hal tersebut menandakan kalau mobil pernah terendam banjir. Salah satu bagian indikator yang sering menyala pada mobil yang terendam banjir adalah lampu Electric Power Steering (EPS). Kita wajib lebih waspada bila lampu tersebut menyala pada mobil bekas yang akan kita beli.

Komponen Karet pada Pintu dan Jendela

Komponen karet pada pintu dan jendela biasanya akan memiliki rongga setelah terendam air banjir. Bahkan hal ini juga bisa membuat lem pada komponen karet tersebut jadi mudah lepas. Kita mesti memeriksa komponen karet pada mobil secara teliti agar tak terkecoh dengan omongan penjual.

Jika nanti sudah memiliki mobil pribadi, kita wajib memberikan proteksi maksimal bagi mobil dan perjalanan kita. Selain butuh asuransi all risk seperti asuransi all risk perlindungan banjir. Agar risiko banjir yang dapat merusak mobil kita tidak menimbulkan kerugian besar di kemudian hari. Mari memilih asuransi terbaik untuk meminimalkan risiko tak terduga bagi mobil dan diri kita sendiri.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+