5 Cara Menabung dengan Gaji 5 Juta Secara Efektif dan Menguntungkan

22 Desember 2021

Mengelola uang gaji memang seringkali terasa cukup menantang. Apalagi jika nilai gajinya masih terhitung pas-pasan. Banyak yang merasa sulit mengatur keuangan mereka sampai akhirnya tidak bisa menabung untuk masa depan. Kali ini akan dibahas lebih lengkap cara menabung dengan gaji 5 juta yang efektif dan menguntungkan.

Cara Mengatur Gaji 5 Jutaan

Cara Menabung dengan Gaji 5 Juta Secara Efektif dan Menguntungkan

Ilustrasi menabung

Perlu diketahui bahwa berapapun besar gajinya, Anda masih punya peluang untuk menabung secara efektif. Kuncinya terletak pada pengelolaan keuangan tersebut. Sama saja jika gajinya besar namun pengelolaannya tidak tepat maka akan berakhir sia-sia tanpa ada tabungan. Berikut ini adalah 5 cara menabung yang efektif bagi pemilik gaji 5 juta:

1. Catat Jumlah Pemasukan

Pertama, silakan catat dulu berapa banyak jumlah pemasukan yang Anda terima. Ini menjadi prinsip penting karena tanpa pemasukan maka tidak ada dana yang harus dikelola. Catat secara rinci berapa banyak uang yang akan masuk dan fokuslah untuk mengatur uang tersebut sesuai kebutuhan.

Akan jauh lebih baik jika kamu punya sumber penghasilan yang lain. Meskipun tidak tetap penghasilannya namun sangat disarankan untuk punya sumber pemasukan lainnya. Dalam pembahasan ini jumlah pemasukan yang dimaksud adalah Rp5 juta dan jumlah pemasukan lainnya bisa sangat bervariasi.

2. Buat Skala Prioritas

Selanjutnya silakan buat skala prioritas. Setiap orang pasti punya skala prioritas masing-masing dalam hidupnya. Sebagai contoh, ada orang yang lebih mengutamakan kelengkapan bahan makanan sehat dan bergizi. Ada juga yang tidak ingin menghabiskan bujet untuk bahan makanan namun lebih fokus ke biaya kebutuhan dan lain sebagainya.

Dalam menyusun skala prioritas ini Anda harus benar-benar tahu mana yang penting dan mana yang bisa ditunda. Anda harus bisa mengutamakan pengeluaran yang memang tidak bisa ditunda dan wajib dipenuhi. Misalnya seperti makanan, transportasi, biaya listrik, dan lain sebagainya.

3. Susun Rencana Pengeluaran Rutin

Salah satu cara menabung dengan gaji 5 juta agar hasilnya efektif adalah menyusun rencana pengeluaran secara rutin. Sebagai manusia biasa, Anda pasti akan memiliki kebutuhan rutin yang harus dibiayai. Alokasikan gaji untuk memenuhi kebutuhan pengeluaran rutin tersebut. Buat rencana secara rinci apa saja yang harus dibeli dan berapa uang yang harus dikeluarkan.

4. Hindari Utang yang Bersifat Konsumtif

Langkah selanjutnya, silakan hindari utang-utang yang sifatnya konsumtif. Jangan meminjam uang untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif dan cenderung memberatkan Anda. Tagihan utang harus menjadi prioritas utama saat Anda menerima gaji. Semakin besar tagihan yang harus dibayar maka semakin kecil juga sisa uang yang bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

5. Sisihkan 10% untuk Tabungan dan Investasi

Sangat direkomendasikan untuk selalu menyisihkan gaji agar bisa ditabung atau dimasukkan investasi. Anda bisa menerapkan sistem alokasi dana 10% untuk tabungan dan investasi. Nilai 10% ini dianggap sudah cukup besar dan mudah untuk dipenuhi oleh pemilik gaji 5 juta. Nantinya jika ada penghasilan tambahan, nilai tabungan dan investasi ini bisa diperbesar.

Selain membuat alokasi sendiri untuk tabungan dan investasi, jangan lupa buatlah akun rekening terpisah. Pisahkan dana konsumtif dengan dana yang akan ditabung dan diinvestasikan. Ini akan mempermudah proses manajemen keuangan dan membantu mengendalikan intensitas pengeluaran Anda.

Itulah tadi 5 cara menabung dengan gaji 5 juta agar hasilnya efektif dan menguntungkan. Dengan gaji 5 juta, Anda tetap bisa memiliki tabungan dan investasi serta memenuhi kebutuhan pribadi. Pastikan untuk selalu teliti mengelola uang yang Anda miliki. Jangan tergoda untuk berfoya-foya dan gunakanlah uang Anda secara bijak.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+