5 Tips Jual Beli Mobil Bekas Jakarta yang Berkualitas

17 Mei 2019

Anda ingin punya mobil baru tapi keuangan belum mendukung alias belum cukup?! Jangn khawatir, salah satu alternatif yang bisa dilakukan yaitu jual beli mobil bekas Jakarta. Meski banyak isu yang beredar kalau membeli mobil bekas itu cepat rusak, tapi kalau Anda membelinya dengan penuh ketelitian justru akan mendapatkan mobil bekas yang berkualitas.

Tips Membeli Mobil Bekas

5 Tips Jual Beli Mobil Bekas Jakarta yang Berkualitas

5 Tips Jual Beli Mobil Bekas Jakarta yang Berkualitas

Memiliki mobil bekas merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan kalau ingin punya mobil dengan harga murah. Murah bukan berarti murahan, karena biasanya mobil bekas justru memiliki performa yang bagus. Bisa dikatakan demikian karena pemilik mobil sebelumnya selalu melakukan perbaikan terlebih dahulu agar mobil tersebut tetap tampil prima.

Dengan membeli mobil bekas, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sampai jutaan rupiah untuk pembayaran dan perawatan awal. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri kalau Anda membeli mobil bekas dibandingkan dengan membeli mobil baru. Maka dari itu, jangan memandang sebelah mata mobil bekas, karena teliti merupakan kunci membeli mobil bekas berkualitas. Adapun tips yang harus Anda perhatikan kalau mau membeli mobil bekas, berikut akan diuraikan di bawah ini.

1. Gali Informasi Baik Online maupun Offline

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menggali informasi mengenai mobil yang menjadi incaran Anda. Mencari informasi tersebut bisa dengan cara online maupun offline. Informasi yang harus dicari berupa merk, harga, tahun dan spesifikasi. Selain itu, membaca majalah otomotif dan bertanya kepada teman atau saudara yang mengerti tentang mobil bisa menjadi bagain dari riset Anda.

Catat seluruh informasi yang Anda dapatkan mengenai mobil bekas yang akan dibeli. Informasi tersebut dapat membantu dan memudahkan Anda dalam hal mengambil keputusan untuk memilih jual beli mobil bekas Jakarta yang berkualitas.

2. Beli dari Orang Pertama

Sebaiknya belilah mobil bekas secara langsung dari pemiliknya karena harga yang ditawarkan lebih murah. Meski mobil bekas yang dijual di showroom, dealer, dan makelar lebih banyak pilihannya, tapi Anda tidak bisa menggali informasi mengenai latar belakang mobil tersebut dari pemiliknya. Padahal informasi ini merupakan hal yang paling penting pembeli ketahui. Selain itu, Anda akan bertransaksi langsung dengan penjual tanpa adanya pembagian pihak ketiga.

3. Cek Bodi Mobil

Mengecek bodi mobil merupakan hal penting yang harus Anda lakukan untuk membeli sebuah mobil bekas. Mintalah ijin kepada pemilik sebelumnya untuk melakukan cek fisik. Perhatikan kondisi cat mobil, masih mulus atau tidak, ada bekas tambalan atau tidak, ada goresan, ada penyok, dan hal lainnya. Perhatikan juga plafon dan keempat mobil ban apakah sudah tipis atau masih bagus. Dengan cara ini, Anda akan segera mengetahui kejujuran pemilik mobil tersebut.

4. Periksa Mesin Mobil

Setelah Anda puas mengecek bagian luar mobil, saatnya mengecek bagian dalam seperti mesin, kabel-kabel, dan lain sebagainya. Untuk memastikan mesin mobil masih bagus, ada baiknya kalau Anda membawa orang yang mengerti mekanik mobil. Selain itu, periksalah bagian dalam kap mesin dan pastikan semuanya bebas dari korosi dan kebocoran.

5. Lakukan Test Drive

Hal terakhir yang harus Anda lakukan dalam hal jual beli mobil bekas Jakarta yaitu test drive. Dengan mencoba mengendarai mobil bekas tersebut, Anda bisa memeriksa kenyamanan mesin dan rem yang menjadi komponen utama pada sebuah mobil.

Kalau rem mobil tersebut berbunyi mengecit ketika digunakan pada kecepatan 50 km/jam, lebih baik Anda mengurungkan niat membeli mobil tersebut kecuali mendapatkan penawaran harga untuk perbaikan.

Demikianlah lima tips jual beli mobil bekas Jakarta yang berkualitas. Perhatikanlah lima poin di atas kalau Anda akan membeli sebuh mobil bekas agar mendapatkan mobil yang berkualitas. Membeli mobil bekas tidak ada salahnya kalau mobil tersebut memiliki performa yang prima daripada membeli mobil baru dengan harga yang cukup mahal.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+