5 Tips Agar Logo Perusahaan Menarik dan Mudah Diingat

18 Mei 2019

Logo perusahaan sebagai simbol atau lambang dari adanya perusahaan menjadikan ciri khas dan pembeda dari perusahaan yang lainnya. Biasanya setiap desain yang terdapat dalam logo ini menggambarkan bagaimana harapan-harapan atau berbagai makna yang terkandung yang mencerminkan suatu perusahaan tersebut.

Logo pada suatu perusahaan didesain sedemikian rupa yang tentunya menarik agar mudah diingat publik dan menempati posisi tersendiri di hati para konsumen. Untuk itu dalam membuat sebuah logo ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tercipta sebuah logo yang menarik dan estetis yang diingat khalayak umum.

5 Tips Agar Logo Perusahaan Menarik dan Mudah Diingat

5 Tips Agar Logo Perusahaan Menarik Dan Mudah Diingat

5 Tips Agar Logo Perusahaan Menarik dan Mudah Diingat

Ada beberapa hal agar logo yang dibuat menjadi menarik dan mudah diingat masyarakat, diantaranya:

1. Konsep

Dalam membuat sebuah logo sebaiknya juga memperhatikan konsep yang sudah direncanakan terlebih dahulu. Bisa jadi jika konsep tersebut sudah tersusun dengan jelas maka logo yang akan dibuat pun bisa terarah dan sesuai dengan konsep yang ada.

Untuk itu perlu menentukan konsep terdahulu, apa yang ingin tergambar dari konsep yang sudah ada dan nantinya hanya perlu dituangkan dalam gambar mini yang mewakili konsep tersebut.

2. Sederhana

Pada dasarnya, dalam membuat sesuatu terkadang kesederhanaan juga diperlukan. Hal ini bukan berarti jelek, melainkan hanya bentuknya yang sederhana dan dengan tujuan agar mudah diingat.

3. Makna

Dengan bentuk yang simpel juga tidak berarti bebas dalam menentukan bentuknya. Kembali lagi ke tujuan awal jika logo yang akan dibuat nantinya akan mudah diingat oleh publik. Maka sudah seharusnya dibalik bentuknya yang simpel ini harus mencerminkan setiap makna yang tidak boleh hanya asal-asalan belaka.

Dalam hal ini biasanya setiap perusahaan membuat logonya menjadi ciri khas dan dengan bentuk tertentu yang akan menjadi identitas dari perusahaan dan produk yang akan dikeluarkan nantinya.

Sehingga di sini logo bukan hanya pembeda saja melainkan memiliki kandungan filosofis yang secara implisit terkandung di dalamnya.

4. Warna

Pemilihan warna juga menjadi hal yang penting untuk membuat logo menjadi menarik karena juga mewakili makna dari brand yang akan dibuat. Bukan berarti di sini akan menggunakan banyak warna sehingga terlihat indah bentuknya.

Warna yang dipilih juga harus disesuaikan dengan konsep awal dibuatnya logo. Misalnya mengkreasikan satu warna namun dengan kreativitas dapat diolah dan diatur menjadi warna yang menarik dan disesuaikan dengan bentuk logo yang dibuat. Sehingga tidak perlu warna yang terlalu meriah dan banyak kombinasinya karena hanya akan membuat orang susah mengingatnya.

Oleh karena dalam hal ini warna juga menjadi salah satu ciri khas pembeda yang akan membedakan warna logo pada perusahaan yang lain.

5. Ukuran dan keseimbangan

Ukuran juga menentukan menarik tidaknya sebuah logo. Ukuran harus disesuaikan dengan desain ataupun gambar yang akan dibuat. Selain itu dalam hal keseimbangan setiap gambar atau komponen yang ada dalam desain juga harus sesuai atau seimbang.

Jika memang dari awal konsepnya sama dan seimbang sebaiknya untuk tidak membuat bagian atau gambar tertentu terlihat mendominasi. Sehingga antara ukuran dan proporsi setiap komponen harus seimbang dan pas. Hal ini agar logo terlihat lebih rapi, simpel, menarik, dan mudah diingat dan tidak perlu terlalu rumit melainkan ada makna dan kandungan filosofis yang etrgambar secara implisit dalam logo tersebut.

Demikianlah beberapa tips agar logo perusahaan menjadi semakin menarik dan diingat oleh konsumen. Sehingga ketika para konsumen sudah mengingat logo dengan mudah maka akan lebih mudah lagi ketika kedepannya dalam mengenalkan produk dari perusahaan yang sedang dijalankan. Tentunya ini sebagai bentuk promosi secara tidak langsung melalui logo perusahaan yang menarik tersebut.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+