4 Jenis Lauk Penyusun Nasi Tumpeng

21 September 2019

Nasi tumpeng merupakan sajian yang wajib ada saat kita mengadakan syukuran dan selamatan. Baik itu syukuran peresmian toko dan bisnis baru, ulang tahun, pertunangan, dan lain sebagainya. Sekarang ini banyak sekali catering yang menyediakan nasi tumpeng untuk acara-acara tertentu. Misalnya acara peresmian usaha baru di wilayah Jakarta bisa pesan nasi tumpeng Jakarta Selatan dengan pilihan ukuran dan lauk yang beragam.

Jenis Lauk Penyusun Nasi Tumpeng

Nasi Tumpeng

Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng khas dengan gundukan nasi yang dicetak berbentuk kerucut yang dikelilingi berbagai jenis lauk. Jenis-jenis lauknya dapat Anda pesan sesuai dengan keinginan. Lauk pada nasi tumpeng bisa dikatakan sebagai penggugah selera siapapun yang melihatnya.

Lauk penyusun nasi tumpeng ini bisa jadi berbeda-beda, tergantung dengan adat dan wilayah di mana ia berada. Namun, secara umum lauk penyusun nasi tumpeng itu ada urap, ayam, sambal, telur, dan lainnya yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Urap

Urap dapat dikatakan sebagai salad ala Indonesia yang terdiri dari kangkung, tauge, bayam, kacang panjang, yang dicampur dengan bumbu parutan kelapa. Dulu, sayuran pada urap ini memiliki filosofi tersendiri, seperti kangkung yang berarti melindungi dan kacang panjang yang memiliki arti berpikiran jauh ke depan. Rasa dari urap sendiri identik dengan gurih, sedap, dan lezat serta penuh dengan bumbu.

2. Ayam Goreng

Ayam goreng memang cocok disandingkan dengan apapun, salah satunya dengan nasi tumpeng. Biasanya ayam goreng ini diungkep dulu menggunakan bumbu kuning, baru kemudian digoreng. Rasa ayam goreng pada nasi tumpeng ini gurih dan lezat.

Dulu, ayam potong untuk nasi tumpeng gak boleh dibeli dari pasar, melainkan Anda mesti mencarinya sendiri di hutan. Ayamnya juga harus ayam jantan, filosofinya untuk menghilangkan sifat-sifat angkuh yang dimiliki ayam jantan.

3. Tahu dan Tempe

Di dalam nasi tumpeng Anda dapat menambahkan tahu dan tempe kering yang dibalut dengan bumbu asam manis kering. Rasanya yang gurih dan lezat ini dapat menjadi pelengkap nasi dan lauk penyusun nasi tumpeng lainnya. Tahu dan tempe yang menjadi lauk penyusun nasi tumpeng ini baru dilakukan pada zaman sekarang. Sehingga ia tidak memiliki filosofi yang berkaitan dengan adat dan budaya setempat.
Penyajian tahu dan tempe ini sebenarnya bisa disesuaikan juga dengan selera Anda. Ketika Anda pesan nasi tumpeng Jakarta Selatan, Anda dapat memesannya detail dengan lauk penyusun yang diinginkan. Sehingga rasa dari tahu dan tempe ini sesuai dengan lidah Anda. Penyajian tahu dan tempe pada nasi tumpeng bisa dikatakan wajib hukumnya.

4. Telur

Penyajian telur pada zaman dulu disajikan dengan cangkangnya. Kenapa? Tentu ada filosofinya, yaitu semua tindakan yang dilakukan manusia harus direncanakan dengan baik atau dikupas terlebih dahulu.
Namun, penyajian seperti itu tidak digunakan lagi pada masa sekarang. Kebanyakan telur itu di dadar dan dipotong kecil-kecil. Hal ini tentu untuk memudahkan siapapun yang akan memakannya dan untuk kepentingan penyajian yang lebih cantik juga.

Nah, itulah beberapa lauk penyusun nasi tumpeng yang secara umum sering disajikan. Sebenarnya masih banyak tambahan lainnya seperti ikan, perkedel kentang, dan sambal. Ketika Anda pesan nasi tumpeng Jakarta Selatan, Anda bisa request lauk apa saja yang diinginkan. Jenis dan ukuran nasi tumpengnya juga sangat beragam. Mengingat jenis nasi tumpeng zaman sekarang ada juga yang berbentuk karakter tertentu.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+